THE TOURNAMENT 'Hanya yang Terbaik yang akan Bertahan Hidup


Pemain: Robert Carlyle, Kelly Hu, Ving Rhames, Sébastien Foucan, Liam Cunningham, Ian Somerhalder, Scott Adkins

Sinopsis
Setiap tujuh tahun, digelar sebuah turnamen yang dikenal dengan nama The Tournament. Tak ada yang tahu kalau turnamen ini ada. Tempat digelarnya turnamen pun selalu berubah-ubah. Yang tak pernah berubah adalah aturan main turnamen ini. Para pembunuh yang menjadi kontestan harus saling bunuh sampai hanya tinggal satu orang saja yang tersisa.

Tahun ini, The Tournament digelar di Middlesbrough, Inggris. Semua persiapan sudah dilakukan dan para kontestan pun sudah dipilih. Masing-masing kontestan ini mengenakan alat pelacak yang ditanam dalam tubuh mereka. Dengan alat ini penonton bisa mengetahui keberadaan masing-masing kontestan dan dengan cara yang sama pula masing-masing kontestan bisa saling mengetahui keberadaan mereka.

Di antara para kontestan itu ada Joshau Harlow (Ving Rhames) yang bermaksud mencari orang yang bertanggung jawab atas kematian istrinya. Ada lagi Lai Lai Zhen (Kelly Hu) yang hanya ingin mendapatkan hadiah US$10 juta yang dijanjikan sementara Miles Slade (Ian Somerhalder) mengikuti turnamen ini hanya agar ia bisa membunuh. Meski masing-masing punya alasan sendiri-sendiri, tujuan mereka tetap sama: menjadi orang yang hidup hingga turnamen berakhir.

Review
Dari judul saja sudah bisa diperkirakan apa yang bakal dibahas oleh film garapan sutradara Scott Mann ini. Sederhana memang, karena film seperti ini memang tak membutuhkan alur cerita yang terlalu kompleks. Malahan kalau mau sedikit sinis, alur kisah hanya dibuat untuk merangkai adegan-adegan laga yang sebenarnya adalah menu utama film semacam ini.

Tak ada yang baru dari film berjudul THE TOURNAMENT ini. Kalau Anda mau menengok ke belakang, di tahun 1990-an film-film semacam ini sempat jadi tren. Dan nama yang sempat mencuat saat itu adalah Jean Claude Van Damme. Kali ini tak ada Van Damme tapi bukan berarti warna yang ditawarkan lantas berbeda. Semuanya serba dibesar-besarkan sementara karakter yang ada malah jadi sesuatu yang tak penting.

Sebagian besar karakter terlihat seperti dua dimensi. Latar belakang masing-masing karakter utama dibeberkan seiring dengan jalannya cerita. Tempo pun dibuat cepat seolah tak menyisakan waktu buat penonton untuk beristirahat. Bisa jadi ini memang disengaja karena pada saat tempo menurun maka mau tak mau harus ada kerja keras untuk menahan penonton beranjak dari kursi.

THE TOURNAMENT memang bukan film kelas Oscar. Tak ada yang istimewa dari film ini, tapi kalau Anda sedang penat dan memerlukan hiburan yang tak 'membebani', bisa jadi film ini memang konsumsi yang tepat.(kpl/roc)

Genre : Action
Release Date : Oct 20, 2009
Director : Scott Mann
Script : Jonathan Frank, Nick Rowntree, Gary Young
Producer : Gina Fegan, Glenn M. Stewart, Keith Bell
Distributor : AV Pictures
Duration : 97 minutes
Budget : US$5.8 million
Official Site : -

0 uneg - uneg:

Posting Komentar