Algoritma Skripsi-Matematika


Untuk menjadi sarjana matematika perlu menulis skripsi. Skripsi yang ditulis berkisar tentang matematika murni, matematika terapan, statistika, dan komputasi.. Diperlukan algoritma untuk menentukan permasalahan yang akan diangkat menjadi skripsi untuk ditulis agar tidak jenuh. Supaya tidak jenuh dalam menulis skripsi tumbuhkan dalam dirimu rasa senang dalam menulisnya. Ada beberapa kiat untuk menumbuhkan rasa bahagia dalam menyusun skripsi matematika.

Seorang sarjana sains di bidang matematika diharuskan menulis skripsi tentang matematika. Karena seorang sarjana matematika diharapkan mampu menangani permasalahan dalam bidang matematika sesuai dengan minat yang disukainya.
Ada beberapa minat dalam bidang matematika. Minat tersebut antara lain minat matematika terapan, bidang minat matematika murni, bidang minat statistika, dan bidang minat komputasi.

Bidang minat matematika terapan memiliki ciri khusus. Karakteristiknya memanfaatkan metode-metode dalam bidang matematika untuk menyelesaikan permasalahan praktis dalam berbagai bidang.

Adapun bidang minat matematika murni bertujuan untuk mengembangkan dan menemukan metode baru dalam bidang matematika. Metode yang dikembangkan atau yang ditemukan tersebut dapat dimanfaatkan di bidang matematika terapan, statistika, dan komputasi.

Adapun bidang minat statistika memiliki ciri khusus menganalisis dan merancang penelitian. Yang dianalisis adalah data hasil penelitian untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat. Yang dirancang adalah perlakuan dalam suatu eksperimen sehingga menghasilkan output yang optimal.

Adapun bidang minat komputasi ciri khususnya adalah menuliskan algoritma untuk menyelesaikan masalah praktis atau teoritis. Algoritma adalah urutan logis dalam pemecahan masalah. Yang dimaksud masalah praktis adalah masalah yang berkaitan dengan bidang terapan. Adapun masalah teoritis adalah masalah yang berkaitan dengan pengembangan ilmu.

Diatas telah dijelaskan karakteristik bidang minat dalam matematika, Anda menyukai yang mana?. Marilah menelusuri permasalahan yang Anda sukai untuk dijadikan skripsi agar tidak jenuh. Urutan langkah-langkah penelusuran masalah untuk ditulis dalam skripsi disebut algoritma skripsi.

Dalam menulis skripsi, Anda hendaknya menyenangi topik yang Anda pilih. Hal ini penting agar Anda menyusun skripsi dengan hasil yang optimal. Disamping itu agar Anda tidak bosan, kemudian agar waktu penulisan-skripsi relatif singkat sehingga Anda segera menjadi sarjana matematika dengan izin Tuhan.

Berikut ini adalah kiat-kiat untuk meraih rasa senang dalam menulis skripsi. Pertama, Anda menyenangi topik-skripsi yang dipilih. Kedua, carilah calon dosen pembimbing yang sesuai dengan topik skripsi tersebut. Ketiga, konsultasikan kepada calon dosen pembimbing Anda permasalahan-permasalahan yang ada dalam topik yang Anda pilih. Keempat, angkatlah salah satu permasalahan itu untuk dijadikan judul skripsi. Untuk lebih rincinya, ikutilah algoritma skripsi berikut:
  1. Mulai.
  2. Definisikan minat pada bidang matematika yang paling Anda sukai.
  3. Dalam bidang minat butir 2, definisikan matakuliah yang Anda senangi
  4. Jika matakuliah tersebut lebih dari satu maka pilih matakuliah dimana nilai Anda lebih tinggi.
  5. Jika sama tingginya, maka pilih matakuliah yang lebih bermanfaat.
  6. Definisikan topik yang berkaitan dengan matakuliah pada butir 5.
  7. Definisikan dosen pembimbing yang ahli dalam matakuliah pada butir 5.
  8. Definisikan(tanyakan) permasalahan-permasalahan-yang ada dalam topik butir 6 kepada dosen pembimbing dalam butir 7.
  9. Pilihlah salah satu permasalahan butir 8 yang paling Anda sukai untuk ditulis menjadi skripsi.
  10. Susunlah skripsi Anda dengan sungguh-sungguh, mohonlah pertolongan kepada Tuhan, dan janganlah Anda lemah.
    11. Selesai.
Berikut ini beberapa contoh bidang minat, matakuliah, topik skripsi, dan permasalahan yang diangkat. Contoh-contoh yang diberikan di bawah ini telah diangkat menjadi skripsi pada Program Studi Matematika, FMIPA, Unram.
  1. Contoh 1
    1. Bidang Minat: Statistika
    2. Matakuliah: Analisis Runtun Waktu
    3. Topik Skripsi: Aplikasi ARIMA
    4. Permasalahan: Peramalan harga minyak dunia dengan mempertimbangkan faktor intervensi menggunakan ARIMA
  2. Contoh 2
    1. Bidang minat: Komputasi
    2. Matakuliah: Pemrograman Komputer
    3. Topik Skripsi: Implementasi Algoritma
    4. Permasalahan: Implementasi Algoritma Random dan Deterministik ke dalam Visual Basic 6.0
  3. Contoh 3
    1. Bidang minat: Matematika Murni
    2. Matakuliah: Geometri Fraktal
    3. Topik Skripsi: Dimensi Fraktal
    4. Permasalahan: Perbandingan metode-metode yang digunakan dalam menghitung dimensi benda fraktal.
  4. Contoh 4
    1. Bidang minat: Matematika Terapan
    2. Matakuliah: Teori Graf
    3. Topik skripsi: Algoritma Prim
    4. Permasalahan: Aplikasi Algoritma Prim dalam mencari jarak terpendek dalam pemasangan pipa PDAM.

0 uneg - uneg:

Posting Komentar