Mainan Masa Kecil, masih ingat??

Disini saya mau share tentang permainan tradisional yg saya dulu sering mainin sama anak sekitar rumah saya.Atau agan mau berbagi cerita soal permainan tradisional juga boleh. Atau mungkin dulu ngga pernah mainan ginian karena tinggalnya di komplek elit bisa ngebaca sedikit penjelasan tentang permainan tradisional ini. Dan saya cuma mau membuka tempat cerita atau nostalgia soal permainan yg dulu sering saya mainin atau agan mungkin pernah mainin. Jujur saya udah jarang bahkan bisa dibilang ngga pernah liat ada bocah mainin lagi, mungkin begitu juga dengan agan.
Bagi agan yg umurnya sama atau sekitaran saya mungkin pernah mainan juga(saya kelahiran 1992)


Spoiler for Jenis Permainannya:
  • Kelereng / Gundu
    Agan pasti tau kan game ini, mainnya ditanah yg lumayan lapang. Bisa dibilang ini seperti judi, karena kita memasang jumlah kelereng yg sama setiap pemain dan ditaruh di lingkaran/kotak yg digarisi ditanah tersebut. Dan kita berusaha mendapatkannya dgn menggunakan 1 kelereng yg disentil kearah lingkaran/kotak tersebut, jika kelereng pasangan ada yg keluar maka itu milik kita. Kurang lebih seperti itu. (dulu ane sampe jualan gundu gan dirumah, gara2 ane menang mulu )
    Spoiler for gambar:
  • Petak Umpet
    Permainan ini awalnya harus Hom Pim Pa atau biasa kita sebut Gambreng. Nah yg keluar paling terakhir dari Gambreng itu dialah yg berjaga. Yg jaga ini dia menutup matanya kearah tembok sambil menghitung sampai jumlah yg ditentukan oleh seluruh pemain pada awal mau dimulai dan kemudian selagi penjaga menghitung pemain lain mengumpat sesukanya. Lalu setelah selesai menghitung penjaga harus mencari pemain yg mengumpat tadi dan jika sudah ditemukan penjaga harus kembali ke base dan menyentuh base tempat dia berjaga. apabila base penjaga lebih dulu disentuh oleh pemain, maka pemain itu aman tidak ikut Gambreng dlm menentukan penjaga. Kurang lebih seperti itu.
    Spoiler for gambar:
    ini yang lagi jaga
    nah ini lagi ngumpet gan
  • Benteng
    Permainan benteng ini terdapat 2 Tim yg dibagi rata pemainnya. Jadi tiap tim mempunyai base sendiri biasanya menggunakan tiang yang jaraknya tidak berjauhan. Nah disini kita berlomba bagaimana caranya menjadikan pemain lawan menjadi tahanan tim kita. Dengan cara kita harus menyentuh base terlebih dahulu lalu menyentuh pemain lawan untuk menjadikannya tahanan tim kita. Tetapi kita harus selalu menyentuh base untuk mendapatkan hak yg lebih kuat untuk menyentuh, apabila kita sudah lama berlari/mengejar pemain lawan tapi kita tidak menyentuh base lagi maka kitalah sasaran empuk musuh yg baru saja memegang basenya lalu berlari mengejar kita. Kurang lebihnya seperti itu.
    Spoiler for gambar:
  • Engklek
    Permainan ini adalah permainan yg bisa dimainkan oleh sedikit pemain, dengan menggunakan potongan2 kecil keramik (BITE namanya ditempat saya). Nah setiap pemain harus melemparkan BITE nya kenomer nomer tersebut secara berurutan mulai dari 1 sampai 9. Nah kotak yg sedang ditaro bite nya tidak boleh diinjak. Dan begitu seterusnya, yang kalah adalah yg terkahir membawa pulang bite tersebut sampai selesai melempar dari nomer 1 sampai 9. Kurang lebih seperti itu.
    Spoiler for gambar:
  • Lompat tali
    Permainan ini umumnya dimainkan oleh cewe2, tapi ane juga pernah mainin kok bareng cewe2 juga pas masih SD kelas 2 sampe 3 inget bgt tuh ane. Mainnya itu yang jaga 2 orang, tugas yg jaga adalah memegang tali dan yg pemain lain meloncati tali2 itu. Apabila kita sedang bergiliran meloncati tali dan terkena kaki kita maka kita menjadi penjaga. Nah meloncatinya ngga gampang, ada tahapan2nya. Dari mulai paling rendah sampai talinya itu tinggi. Nih contoh gambar permainannya, sekaligus tahapan yg tingginya.
    Spoiler for gambar:
  • Kuda Templok
    Permainan ini dibagi 2 tim, biasanya 1 tim antar 3 - 5 orang pemain. Nah tim yang berjaga adalah yg menjadi kuda dan tim yang menang adalah yg nemplok diatas kuda itu. Nah setelah semua naik keatas nanti tim leader nya itu pada SUIT. Nah yg kalah suit itu jaga. Dulu ane main ginian jaman SMA nih dikelas biasanya.
    Spoiler for gambar:
  • Bola Gebok
    Nah bola gebok nih, Gebok itu artinya timpuk dengan kenceng, maksudnya menimpuk bola dengan kenceng ke pemain. Ini termasuk permainan paling seru menurut ane, permainan ini buat cowo2. Jadi gini penjelasannya, alat yg dibutuhin tuh Bola Tenis sama potongan potongan keramik kecil yg berjumlah 7(ane nyebutnya BITE). Permainan ini ngga ada batasan pemainnya, tapi yg berjaga biasanya 1 atau 2 orang, kalo jumlah pemain hanya 4-6 orang biasanya 1 penjaga, kalo lebih biasanya penjaganya 2. Jadi permainannya itu pertama Bite nya disusun keatas trus nanti ada giliran pemain buat ngelempar tumpukan Bite itu pake bola tenis, ngelemparnya itu dari jarak sekitar 1.5 meter. Nah kalo yg ngelempar itu ngga kenain ke bite nya berarti dia jaga, nah kalo kena seluruh pemain harus lari ngumpet atau menjauh dari base tempat bite berada. Sedangkan penjaga harus memegang bola tenis tadi lalu menyusun ulang bite yg di ancurin tadi. Lalu setelah menyusun, dia harus mencari orang yg ngumpet itu, nah pemain yg lain kalo mau aman dia harus menginjak tanah yg berada disekitar bite tersebut, jadi penjaga harus menjaga daerah bite nya sembari mencari dan bila ketemu dikejar trus digebok pake bola tenis itu harus kenceng dan kena pemain. Nah yg kena itu jadi penjaga deh. Jadi begitu sebabnya permainan ini disebut Bola Gebok. Dulu ane mainin ini pas masih SD sekitar jam 3 sampe jam 5an. Yg seru tuh kalo jadi penjaga trus pas Gebok orang trus kena. (ngga ada gambarnya juga nih mungkin ini juga salah satu mainan disekitar rumah ane aja )

  • Layangan
    Kalo permainan layangan semuanya pasti tau, tapi ane bingung ini dimasukin permainan tradisional apa bukan ya. Soalnya ini sampe skrg masih ada lomba2 gitu biasanya, tapi lomba nya cuma soal fashion dari layangan itu doang sih. Nah yg seru tuh main layangan dan kita ber adu dengan pemain lain dari beda tempat. Kita ngga tau itu pemain lawan dimana mainnya. Tapi layangan kita diatas mengadu, dan itu semua membutuhkan benang yg kuat dan skill yg mumpuni haha. Jenis benang nya itu ada benang kenur (kenur ini benang yang kurang kuat) dan benang gelasan (ini benang yg kuat). Kalo benang kenur di adu sama benang gelasan jelas menang gelasan, nah kalo kenur sama kenur atau gelasan sama gelasan di adu baru dah disini keliatan skill pemain layangannya ketauan gan. Pengalaman ane dulu pas jaman2 SD sama SMP main ginian pernah selama 4 hari ngga ganti layangan gara2 pas ngadu itu menang mulu, ntah musuhnya pake kenur apa gelasan tapi ane pake gelasan dan menang mulu.
    Spoiler for gambar:
    ini layangan yg buat kontes atau lomba (ane nyebutnya "Koangan" gan)

    nah kalo ini layangan tipe adu gan
Spoiler for Penting:

Quote:
Ane miris gan liatnya sama bocah-bocah jaman sekarang, mainnya udah di warnet







Ya emang sih jaman sekarang udah jamannya serba teknologi. Semoga aja ngga ilang deh permainan2 tradisional kita

0 uneg - uneg:

Posting Komentar