DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA (Jangan Pakai "ke-66")

Quote:
Dirgahayu jangan ditambahi ke-66!
Dirgahayu berasal dari bahasa sansekerta yang mengandung arti panjang umur. Jadi, kalimat “Dirgahayu RI ke-66″ mempunyai arti “Panjang umur RI ke-66″. Lhoh? kok malah jadi menyelamati “RI ke-66″?! Emangnya RI ada banyak sekali sampai ada RI ke-66? atau malah ente do'ain supaya INDONESIA umurnya nyampe 66 aja Artinya jadi amburadul khan?! Yang semula sok-sokan pengen pake kalimat yang keren eeee malah salah!
Kita coba melakukan googling dengan keyword “Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia” hampir semua yang muncul adalah SALAH.
Spoiler for LIHAT!:

Hampir semuanya pakai ke-66.
Tulisan/pengucapan yang salah ini sudah sangat melekat di masyarakat, hingga orang-orang biasa, orang-orang penting, presenter, hingga Iklan di TV-pun kebanyakan salah dalam menggunakan kata dirgahayu.
Padahal hal ini sudah jutaan kali dibahas, tetap saja orang-orang itu menulis dengan cara yang salah. Tak heran jika orang Indonesia dicap sebagai orang yang bodoh, makai bahasanya sendiri saja tidak bisa … capek bener
Ada lagi kalimat yang ambigu. Tapi menurut saya ambigu itu lebih baik daripada yang salah . Yaitu penggunaan kalimat “Selamat HUT RI ke-66″. Kalimat ini bisa-bisa mengandung arti menyelamati RI ke-66, padahal RI hanya ada satu. Yang paling benar adalah “Selamat Merayakan HUT ke-66 RI.”
Jadi, bagi pembaca sekalian, mohon teman-temannnya diperingatkan kalau memakai kata dirgahayu dengan salah. Yang benar cukup bilang Dirgahayu RI, sedangkan ke-66 mohon tidak usah dipakai saja atau buat kalimat baru yang benar.!

0 uneg - uneg:

Posting Komentar